Wednesday, December 2, 2020

      


 Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Alhamdulillah kini telah memasuki zona keempat dalam kelas Bunda Sayang batch#6. Di dalam zona keempat ini para bunda dilatih untuk dapat memahami tujuan belajar bagi anak-anak. Jika selama ini banyak orang memahami bahwa tujuan belajar hanyalah agar anak menjadi pintar, maka sudah pasti anak-anak akan merasa bahwa yang terpenting dalam belajar sejatinya hanyalah sekedar mendapatkan nilai yang tinggi. Padahal belajar adalah proses membentuk pola pikir dan pemahaman baru.


Walau dalam keseharian anak-anak kami telah mengusung prinsip ICAN dalam belajar namun adakalanya anak-anak punya rasa bosan terlebih di masa pandemi seperti sekarang ruang gerak mereka untuk belajar sangat terbatas dan mempengaruhi rasa percaya diri serta mood harian. 

Oleh karena itu saya mencoba kembali menyesuaikan kurikulum Henvind FamPro dengan mood dan ruang gerak yang terbatas agar tujuan pembelajaran terpenuhi. 

Pada hari ini saya kembali fokus pada latihan belajar Aldhen. Di usianya kini yang berusia 2 tahun, bermain adalah media belajar paling efektif untuknya. Semakin sering ia bermain maka semakin banyak informasi yang masuk dalam memory kinerja otaknya. Banyak hal yang sebenarnya merupakan eksperimen-eksperimen kecil dilakukan oleh anak-anak ketika bermain. Bahkan Albert Einstein pun berkata bahwa "ilmuwan adalah orang dewasa yang tak pernah berhenti menjadi anak kecil (melakukan eksperimen-eksperimen)".

Hari ini Aldhen bermain dengan mobil-mobilannya. Saya mencermati bahwa pada awalnya ia hanya terlihat memarkirkan mobilannya sejajar. Tak lama, mobil-mobilannya ia pindahkan berurutan sesuai dengan ukurannya. Yang terbesar paling belakang yang terkecil paling depan, dengan begitu ia mulai mempelajari MEASURE alias pengukuran.

Aldhen secara tak langsung bereksperimen untuk menentukan benda terbesar dan yang terkecil, terberat hingga teringan. Tak hanya itu, dalam eksperimenya kali ini Aldhen juga belajar kota kata baru yaitu LAWAN KATA. Aldhen mulai memahami arti kata besar daripada kecil, arti kata berat daripada ringan. Dan semua informasi tersebut ia dapat hanya dari permainan sederhana, memarkirkan mobil-mobilannya.

Kembali pada tujuan belajar adalah agar anak mampu memiliki ketertarikan untuk mengetahui banyak hal. Dalam eksperimenya hari ini, Aldhen juga dapat menerima informasi tentang rambu-rambu lalulintas dan profesi apa sajakah yang menggunakan alat-alat kendaraan sedang ia parkirkan. Serta masih banyak sekali informasi lain yang dapat digali dari permainan sederhana hari ini.








Alhamdulillah, selama proses pembelajaran Aldhen sangat enjoy. Aldhen bahkan menikmati proses belajar karena ia tidak hanya sekedar mendapatkan informasi tentang ukuran suatu benda tapi juga informasi tentang lawan kata, fungsi jenis-jenis kendaraan, informasi tentang lalu lintas serta profesi yang menggunakan kendaraan-kendaraan tersebut.

Sehingga proses belajar dapat efektif berjalan dua arah seperti yang diharapkan. Anak akan lebih banyak ingin tahu, makin banyak yang ditanyakan dan banyak hal yang ingin digali hanya dari sebuah eksperimen kecil.

Demikian kegiatan kami pada hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

#harike7
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia









vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates