Monday, March 5, 2018

Assalamualaikum
Hello hello...

Setelah kemarin aku curhat tentang awal mula tau istilah "kuter" dan kenapa akhirnya aku nyemplung bertahun-tahun di dunia perkuteran hehehe.. sekarang aku mau kasih tips dan trik cara memenangkan kompetisi. 

Kalau dihitung-hitung sudah 3 tahun jadi kuter itupun angin-anginan karena vakum hamil kedua trus melahirkan trus keasyikan dekem dirumah. Itu aja hampir 1,5 tahun jarang buka sosmed. Eh sakarang hamil lagi yang ketiga, kali ini mulai kumat males di trimester ketiga karena badan dah berat plus sering keram 😒
Jadi bener-bener males ya buat ikutan kontes foto.

Hampir semua sosmed itu bikin kontes dengan berbagai tema dan syarat penilaiannya. Seperti di FB, Instagram, Twitter bahkan blog sekalipun. Yang paling sering aku ikutin ya Facebook...kenapa?
Karena followersnya udah buanyak banget dibandingkan Instagram hehehehe...
Gak ngaruh juga sih sebenarnya, hanya  karena lebih gampang cara pakainya aja nih si sosmed dibandingkan sosmed lain. Udah khatam lah pokoknya. dan yang paling sering aku ikut serta adalah lomba foto, maklum doyan narsis heheheh...
Lomba jenis lain apa aja? Ada lomba jawab soal-soal (mini quiz), ini juga tema soalnya macam-macam. Ada lomba tembak gambar, ada lomba like and share postingan produk dan masih banyak lagi. Tapi dari banyak jenis lomba memang hanya lomba foto yang biasanya memberikan hadiah cetar warbinasah 🤑
That's why para master kuter rajin pakek banget kejar target ikut berbagai jenis lomba foto.

Walau tiap sosmed memiliki cara guna yang berbeda tapi kriteria penilaian lomba foto biasanya tetaplah sama.
Yuk intip tipsnya:
1. Sesuaikan foto yang akan diikutsertakan dalam lomba dengan tema yang ditentukan. Jangan sampai usaha kamu  sudah berfoto dengan gaya paling heboh tapi  akhirnya gagal total jadi pemenang gara-gara salah tema.
2. Baca syarat dan ketentuan dengan teliti
Budaya orang Indonesia yang rata-rata males baca emang jadi hambatan terbesar untuk kontes yang banyak syaratnya. Emang ada?
Ada Donk...seperti event kontes tahunan si produk bayi dan anak paling happening se-Indonesia misalnya, bikin syarat dan ketentuan sampe belasan point hehehehe...
Jadi baca dengan teliti ya 
3. Beli produk
Kontes juga dijadikan media promosi oleh pihak terkait. Jadi saat mereka adakan kontes pastikan kalian beli produk yang akan dikonteskan jika masuk dalam salah satu syarat dan ketentuan kontes. Jarang sekali ada lomba foto bertema tanpa produk. So, siapkan sedikit biaya untuk membeli produk dan pilih kontes foto yang harga produknya terjangkau terutama untuk kuter new be.
4. Bandingkan foto kita dengan kontestan lain
pengalaman pribadi nih, banyak banget kuter yang komen "master muncul belakangan" dan meskipun muncul belakangan, para senior ini langsung posting foto dengan hasil yang cetar membahana, alamat juara deh pokoknya. Jadi jangan ragu untuk  membandingkan foto yang akan kita posting dengan peserta lainnya.
5. Beda dari yang lain
Membandingkan hasil foto dengan peserta lain juga bisa membuat kita banjir ide agar foto yang akan kita buat terlihat berbeda (unik). Dengan begitu kita akan terbebas dari cap "plagiat"
6. Percaya diri
Lomba foto memang bikin pesertanya terkesan narsis ya, cocok banget sih buat yang terlanjur pede macam aku hahahah LOL 😁
jadi kalau kalian mau ikut lomba foto emang sebelumnya harus bermodal tebel muka alias kebanyakan pede. Karena lomba foto, apalagi yang diadakan di sosial media pasti bisa di akses oleh banyak orang.
7. Jangan kunci akun sosmed
Pastikan kalian tidak mengunci akun sosial media kalian ya atau settting menjadi public bukan privat karena akan menyulitkan penjurian.
8. berdoa dan ikhlas
"juri juga manusia..." heheheh jadi nyanyi deh.
Bener banget ya yang namanya juri bagaimanapun tetap cuma manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Jadi penilaiannya pun pasti bersifat subyektif, tapi apapun hasilnya sebagai kuter kita harus yakin bahwa juri dari brand ternama pasti sudah punya perspektif cara nilai yang bisa dipertanggungjawabkan.
Jadi walaupaun kalah jangan berkecil hati. Practise makes perfect guys...
Seiring berjalannya waktu kita bisa banyak belajar dari para master yang langganan juara itu.

Beberapa foto yang berhasil menang 💪







Nah,,,demikian beberapa tips yang biasa aku gunain saat mengikuti lomba foto dan alhamdulillah dari sekian lomba foto yang diikuti banyak juga yang berhasil dimenangkan hohoho...

Okey segitu dulu deh sharing tips kalau mau mengikuti lomba foto, moga bermanfaat ya
see you
Wassalamu'alaikum

2 Comments

Thanks kak, semoga hbis ini gue menang :)

REPLY

vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates