Thursday, February 22, 2018


Bagaimana jika suami yang notabene adalah tulang punggung keluarga tiba-tiba di PHK? Biasanya yang terjadi adalah sang istri justru lebih shock dibandingkan suami ya terkena PHK. Kenapa begitu???
Saat suami tiba-tiba memberi kabar perihal PHK menjadikan istri seolah-olah tertimpa reruntuhan ya. Hal itu dikarenakan kondisi emosional istri memang lebih lemah dibandingkan suami yang jauh lebih tegar. Ketakutan yang terkadang berlebihan juga membuat logika para istri "kurang jalan" saat menerima kabar buruk ini.

PHK bukanlah akhir dari skenario Ilahi atas kehidupan seseorang. Bahkan jika kita bisa membaca pada biografinya, sebagian besar orang yang sukses saat ini adalah "korban" dari kondisi ekonomi yang tidak bersahabat. Berikut tips yang dapat di coba oleh para pasutri untuk menghadapi PHK

1. Saat kabar buruk datang, sedih tentu akan menggelayuti pikiran anda. Namun jangan sampai kekalutan itu berlanjut terus menerus. Ucapkan "Innalilahi" 
Lalu berpikirlah positif, sebesar apapun badai datang ia akan segera reda.
2. Mulailah menjalin kontak dan komunikasi dengan sahabat atau rekan Anda. Silaturahmi membukakan pintu rezeki dan memperpanjang usia. Yakinlah akan hal itu
Bisa jadi info tentang lowongan kerja baru akan anda dapatkan lebih cepat dari sahabat-sahabat Anda.
3. Mengirim lamaran kerja via online juga menjadi salah satu cara jitu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Terlebih di saat awal tahun seperti sekarang dimana perusahaan banyak sekali yang membuka peluang untuk karyawan baru.
4. Berpikir untuk wirausaha
Hal ini tentulah jadi alternatif untuk Anda yang di PHK dengan pesangon yang lumayan. Tapi janganlah anda memulai usaha dengan modal coba-coba.
Alih-alih berwirausaha justru anda akan lebih banyak kehilangan rupiah jika jenis usaha yang akan Anda geluti bukanlah bidang yang Anda kuasai atau bahkan sekedar info dari teman. Jika ingin berwirausaha dapat di coba dengan jenis usaha yang minim modal atau bisa dimulai dengan sharing bersama rekan sehingga tidak terlalu membebani pengeluaran.

Bagaimana dengan para istri?
Sebagai istri, andalah satu-satunya yang paling diandalkan oleh suami untuk bisa mengembalikan semangat dan kepercayaan dirinya. Seperti tips berikut:
1. Janganlah anda menyalakan suami atas keadaan yang terjadi. PHK bukanlah sebuah kesalahan yang dibuat dengan sengaja. 
2. Menjaga ucapan saat berkomunikasi dengan suami. PHK sering kali menjadi moment sensitif terutama untuk pasutri. Salah ucap akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi suami dan akhirnya akan memicu pertengkaran.
3. Jangan terus menerus bertanya kapan suami akan kembali bekerja. Karena segala sesuatu butuh proses.
4. Berikanlah alternatif pilihan wirausaha. Ajak suami untuk memulai usaha dengan bekerja sama dengan istri. Walaupun pada awalnya dirasa sulit, namun saat menjalaninya dengan ikhlas berdua maka akan menjadi terasa mudah.

Demikian tips yang dapat anda coba saat PHK datang tanpa diundang. Semoga bermanfaat

4 Comments

Mrnding Usaha Sendiri gan, Jd nggak bakalan Kena |PHK... hehe

REPLY

Nice advise
Kita memang harus prepare wirausaha sejak muda

REPLY

Pas banget mba artikel nya..
Baru aja kena phk.
Berwira usaha lebih baik.

REPLY

Iya bener bgt, sisihkan sebagian penghasilan utk memulai usaha sejak dini

REPLY

vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates