Saturday, December 5, 2020

          


 Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Alhamdulillah kini telah memasuki zona keempat dalam kelas Bunda Sayang batch#6. Di dalam zona keempat ini para bunda dilatih untuk dapat memahami tujuan belajar bagi anak-anak. Jika selama ini banyak orang memahami bahwa tujuan belajar hanyalah agar anak menjadi pintar, maka sudah pasti anak-anak akan merasa bahwa yang terpenting dalam belajar sejatinya hanyalah sekedar mendapatkan nilai yang tinggi. Padahal belajar adalah proses membentuk pola pikir dan pemahaman baru.


Walau dalam keseharian anak-anak kami telah mengusung prinsip ICAN dalam belajar namun adakalanya anak-anak punya rasa bosan terlebih di masa pandemi seperti sekarang ruang gerak mereka untuk belajar sangat terbatas dan mempengaruhi rasa percaya diri serta mood harian. 

Oleh karena itu saya mencoba kembali menyesuaikan kurikulum Henvind FamPro dengan mood dan ruang gerak yang terbatas agar tujuan pembelajaran terpenuhi. 

Pada hari ini saya fokus kepada proses pembelajaran Alfa, karena sudah menyelesaikan PAS maka keseharian Alfa hanya istirahat dan bemain saja oleh karena itu saya memberikan tugas pada Alfa agar mau membantu bersih-bersih. Dan yang Alfa pilih pada hari ini adalah mencuci sendalnya.

Di usianya saat ini yang sudah 9 tahun, belajar menjadi hal yang terlalu membosankan terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Sehingga untuk mensiasatinya, saya memberikan tugas life skill sebagai alternatif belajar harian alih-alih belajar formal agar ia tidak mudah bosan.

Life skill adalah keterampilan yang harus dimiliki semua orang baik laki-laki maupun perempuan, karena keterampilan ini akan sangat bermanfaat pada kehidupannya di masa mendatang. Maka sejak kecil anak-anak kami sudah diajarkan dan dicontohkan keterampilan life skill dan kini yang perlu dilakukan adalah menjadikannya sebagai habbit atau kebiasaan sehari-hari.

Dengan life skill anak-anak belajar mandiri sesuai dengan kemampuan dan usianya masing-masing. Tak hanya itu, life skill juga dapat memberikan anak kebiasaan yang baik untuk mampu mengurus dirinya sendiri dan empati pada anggota keluarga yang lain. Sehingga anak-anak akan mau dengan senang hati saling bergotong royong dan saling membantu.







Alhamdulillah, selama proses pembelajaran Alfa melakukan tugasnya dengan baik. Demikian kegiatan kami pada hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

#harike11
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia





vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates