Monday, November 30, 2020

    


 Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Alhamdulillah kini telah memasuki zona keempat dalam kelas Bunda Sayang batch#6. Di dalam zona keempat ini para bunda dilatih untuk dapat memahami tujuan belajar bagi anak-anak. Jika selama ini banyak orang memahami bahwa tujuan belajar hanyalah agar anak menjadi pintar, maka sudah pasti anak-anak akan merasa bahwa yang terpenting dalam belajar sejatinya hanyalah sekedar mendapatkan nilai yang tinggi. Padahal belajar adalah proses membentuk pola pikir dan pemahaman baru.


Walau dalam keseharian anak-anak kami telah mengusung prinsip ICAN dalam belajar namun adakalanya anak-anak punya rasa bosan terlebih di masa pandemi seperti sekarang ruang gerak mereka untuk belajar sangat terbatas dan mempengaruhi rasa percaya diri serta mood harian. 

Oleh karena itu saya mencoba kembali menyesuaikan kurikulum Henvind FamPro dengan mood dan ruang gerak yang terbatas agar tujuan pembelajaran terpenuhi. 

Pada hari ini, saya memberikan waktu lebih lama untuk Arshen mengeksplorasi diri sendiri. Karena ketiga anak saya semuanya laki-laki, yang selalu menjadi catatan saya ketika anak-anak belajar adalah mereka membutuhkan media nyata sebagai representasi hal yang akan dipelajari. 

Semalam Arshen bertanya kenapa langit tidak kelihatan bintang? Saya jawab karena hujan langitnya mendung tertutup awan sehingga bintang, bulan dan bahkan planet lain yang terdekat pun tidak terlihat. Lalu saya readaloudkan buku planet-planet, dan siang ini Arshen saya berikan alat permainan  sistem tata Surya. Dengan permainan ini Arshen tidak hanya belajar nama-nama planet di dalam galaksi Bima sakti tapi juga mempelajari bahwa tiap paket memiliki luas yang berbeda serta keunikannya masing-masing.

Arshen juga mendapatkan informasi mengapa makhluk hidup hanya mampu tinggal di bumi. Tak hanya itu, ia mulai meluaskan wawasannya dengan bertanya apakah ada makhluk yang bisa tinggal di planet lain? Dari diskusi yang terjadi Arshen belajar memahami kebesaran dan kekuasaan Allah SWT yang mampu menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Dari sana Arshen mengetahui bahwa hanya Allah maha besar, dan hanya kepadaNya kita meminta pertolongan.








Alhamdulillah, selama proses pembelajaran Arshen sangat enjoy. Arshen sangat menyukai permainan menyusun planet-planet di galaksi Bima sakti. Banyak hal yang ia ingin tahu dan terus ditanyakan, sehingga mungkin esok hari ia akan mengulang permainan yang sama sebagai media repetisi belajarnya.

Demikian kegiatan kami pada hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

#harike5
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia











vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates