Sunday, November 29, 2020

   


 Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Alhamdulillah kini telah memasuki zona keempat dalam kelas Bunda Sayang batch#6. Di dalam zona keempat ini para bunda dilatih untuk dapat memahami tujuan belajar bagi anak-anak. Jika selama ini banyak orang memahami bahwa tujuan belajar hanyalah agar anak menjadi pintar, maka sudah pasti anak-anak akan merasa bahwa yang terpenting dalam belajar sejatinya hanyalah sekedar mendapatkan nilai yang tinggi. Padahal belajar adalah proses membentuk pola pikir dan pemahaman baru.


Walau dalam keseharian anak-anak kami telah mengusung prinsip ICAN dalam belajar namun adakalanya anak-anak punya rasa bosan terlebih di masa pandemi seperti sekarang ruang gerak mereka untuk belajar sangat terbatas dan mempengaruhi rasa percaya diri serta mood harian. 

Oleh karena itu saya mencoba kembali menyesuaikan kurikulum Henvind FamPro dengan mood dan ruang gerak yang terbatas agar tujuan pembelajaran terpenuhi. 

Pada hari ini hujan kembali mengguyur Surabaya seharian, sehingga kami tidak dapat melakukan nature walk sebagaimana yang kami rencanakan. Maka pembelajaran kami lakukan kembali di dalam rumah. Sebagaimana prinsip fitrah home education yang kami terapkan, bahwa kami memberikan media dan kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anak untuk mengeksplorasi kemampuan masing-masing dengan cara yang disukai.

Hari ini anak-anak kembali menginginkan untuk bermain Lego setelah sebelumnya readaloud menggunakan buku "Choose Your Own Journey". Dalam buku tersebut anak-anak melihat beragam aktivitas berbagai jenis kendaraan di dalam kota. Ada kendaraan laut dan darat yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dari sana anak-anak mulai diperkenalkan dengan jenis kendaraan yang lebih ramah lingkungan beserta tujuan untuk apa kendaraan ramah lingkungan tersebut. Dan setelahnya mereka mulai membangun kendaraan yang mereka ingin buat beserta rencana jenis bahan bakar dan kelebihan lainnya. 










Alhamdulillah, selama proses pembelajaran anak-anak sangat enjoy. Anak-anak sangat menyukai bermain membangun Lego karena selalu bisa mendapatkan hasil yang berbeda-beda setiap hari. Anak-anak pun menyukai repetisi (kegiatan belajar berulang-ulang) karena Lego adalah salah satu media belajar yang cocok dan sangat efektif untuk proses pembelajaran ketiga putra kami.

Demikian kegiatan kami pada hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

#harike4
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia












vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates