Saturday, November 28, 2020

  


 Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Alhamdulillah kini telah memasuki zona keempat dalam kelas Bunda Sayang batch#6. Di dalam zona keempat ini para bunda dilatih untuk dapat memahami tujuan belajar bagi anak-anak. Jika selama ini banyak orang memahami bahwa tujuan belajar hanyalah agar anak menjadi pintar, maka sudah pasti anak-anak akan merasa bahwa yang terpenting dalam belajar sejatinya hanyalah sekedar mendapatkan nilai yang tinggi. Padahal belajar adalah proses membentuk pola pikir dan pemahaman baru.


Walau dalam keseharian anak-anak kami telah mengusung prinsip ICAN dalam belajar namun adakalanya anak-anak punya rasa bosan terlebih di masa pandemi seperti sekarang ruang gerak mereka untuk belajar sangat terbatas dan mempengaruhi rasa percaya diri serta mood harian. 

Oleh karena itu saya mencoba kembali menyesuaikan kurikulum Henvind FamPro dengan mood dan ruang gerak yang terbatas agar tujuan pembelajaran terpenuhi. 

Pada hari ini saya memberikan waktu lebih banyak kepada Arshen untuk mengeksplorasi kemampuan belajarnya. Arshen sangat tertarik dengan hewan-hewan sejak kecil. Ketertarikannya tidak hanya suka pada bentuknya yang lucu tapi juga bagian-bagian tubuh hewan-hewan tersebut dengan teliti ia pahami bentuk beserta fungsinya. Maka sebagai media pembelajaran, saya membelikan buku Encyclopedia animal agar memudahkan Arshen untuk belajar.

Seharusnya hari ini kami akan melaksanakan nature walk dan mencari hewan-hewan yang Arshen suka dan melatih Arshen untuk bisa menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan yang ia suka tersebut berserta fungsinya. Namun di Surabaya hujan sejak pagi sehingga nature walk saya ganti dengan eksplorasi buku ensiklopedia saja.

Arshen mengamati klasifikasi hewan-hewan mulai dari hewan tingkat rendah hingga hewan tingkat tinggi. Ia mulai bisa membedakan hewan mamalia dan yang bukan mamalia. Arshen sudah bisa mengelompokan jenis-jenis hewan yang  ia suka karena lucu dan yang ia tidak sukai karena tidak lucu dan galak (hewan buas) beserta alasannya. Dan pada akhir pembelajaran saya meminta Arshen menggambar salah satu hewan lucu menurutnya, maka terpilihlah burung merak untuk diwarnai karena bulunya indah dan cantik dilihat.










Alhamdulillah, selama proses membaca buku ensiklopedia hewan hingga mewarnai hewan kesukaan Arshen sangat menikmati prosesnya, bahkan kini Arshen sudah lebih memahami tujuan Allah SWT menciptakan bermacam-macam hewan tersebut yang pastinya memiliki fungsi masing-masing ketika hidup di dunia. Sehingga Arshen harus melindungi dan menyayangi hewan-hewan ciptaan Allah SWT tersebut terutama yang hampir punah.

Demikian kegiatan kami pada hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

#harike3
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia













vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates