Friday, November 27, 2020

 


 Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Alhamdulillah kini telah memasuki zona keempat dalam kelas Bunda Sayang batch#6. Di dalam zona keempat ini para bunda dilatih untuk dapat memahami tujuan belajar bagi anak-anak. Jika selama ini banyak orang memahami bahwa tujuan belajar hanyalah agar anak menjadi pintar, maka sudah pasti anak-anak akan merasa bahwa yang terpenting dalam belajar sejatinya hanyalah sekedar mendapatkan nilai yang tinggi. Padahal belajar adalah proses membentuk pola pikir dan pemahaman baru.


Walau dalam keseharian anak-anak kami telah mengusung prinsip ICAN dalam belajar namun adakalanya anak-anak punya rasa bosan terlebih di masa pandemi seperti sekarang ruang gerak mereka untuk belajar sangat terbatas dan mempengaruhi rasa percaya diri serta mood harian. 

Oleh karena itu saya mencoba kembali menyesuaikan kurikulum Henvind FamPro dengan mood dan ruang gerak yang terbatas agar tujuan pembelajaran terpenuhi. Hari ini kegiatan belajar dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. 

Pada hari ini saya memberikan waktu lebih banyak kepada Alfa yang akhir-akhir ini memiliki ketertarikan untuk editing foto dan video. Berhubung juga sedang PAS maka kegiatan ini sekaligus menjadi media untuk meminimalisir kebosanan dan ketegangan selama menghadapi ulangan dan kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk tuk beraktivitas di luar rumah dengan bebas.

Saya memberikan masukan bagi Alfa apakah sekarang ia ingin mencoba mengedit foto atau video masa kecilnya sendiri? Karena sebelumnya selalu saya yang membuatkan. Dan ternyata Alfa mau jadi saya berikan beberapa foto sejak ia bayi hingga sekernag yang dapat ia gunakan menjadi video memory.






Alhamdulillah, selama proses pembuatan video Alfa kembali mengingat-ingat masa kecilnya yang mungkin sudah ia lupa. Memory tentang bagaimana kami orangtuanya senantiasa mendampinginya untuk bisa mendapatkan masa kecil yang bahagia. Dari situ Alfa kembali mencoba bersyukur dengan segala rezeki yang Allah berikan. Tak hanya itu, Alfa juga belajar untuk memilih sendiri mana memory yang ingin ia bagikan pada banyak orang dan mana yang hanya ingin ia simpan sendiri. 

Selama proses pembuatan Alfa juga kembali diingatkan untuk bersabar karena pekerjaan sebagai editor memang tidaklah mudah. Kendati demikian saya melihat Alfa cukup menikmati konsep belajar hari ini sehingga kedepannya saya harapkan Alfa bisa terus mengasah kemampuan dari hal-hal yang ia sukai.

Demikian kegiatan kami pada hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

#harike2
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia














vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates