Friday, October 30, 2020

 "WISATA EDUKASI

DAN 

WISATA SILATURAHMI"



Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.


Alhamdulillah hari ini adalah hari kedua di zona ketiga kelas bunda sayang batch #6. Setelah kemarin kami sekeluarga menikmati waktu bersama membuat Daun Emosi serta mempelajari ayat Alquran surat Ar Rum ayat 36 sebagai representasi arti pemberian perasaan oleh Allah SWT kepada manusia dan bagaimana cara meregulasi ya dengan bijak.

Kali inipun kami masih menggunakan tema yang sama menjadi sahabat terbaik anak-anak dalam mengenal dan meregulasi emosi dengan tema yang diusung oleh HENVIND FAMPRO yaitu "Wisata edukasi dan wisata silaturahmi".



Tak hanya itu, kami juga masih berfokus pada menyepakati untuk membuat Project yang mampu meningkatkan kemampuan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) pada anak-anak dan kami juga sebagai orangtua.


Pada hari kedua ini kami melibatkan seluruh anak-anak untuk untuk berbagi kebahagiaan dengan cara silaturahmi. Sebenarnya, long weekend ini akan kami manfaatkan untuk melaksanakan Project jangka wisata edukasi dan wisata silaturahmi panjang yang memang selalu dibuat ketika liburan sekolah anak-anak. Tapi qadarullah saya mendapat iritasi mata yang cukup menggangu karena infeksi bakteri/virus sehingga rencana tersebut batal. 


Namun sebagai gantinya kami membuat kegiatan harian yang tetap menunjang Family Project kami. Liburan yang batal kemarin pun sudah direncanakan bersama keluarga besar. Namun karena sakit tersebut, bapak mertua saya memutuskan untuk tidak ikut liburan dan hanya stay at home. Kami bertanya kepada anak-anak apakah ingin berkunjung menemani kakeknya? Dan mereka serempak menjawab ingin bermain di sana. Maka kesempatan tersebut kami jadikan sebagai Project untuk wisata silaturahmi.


Anak-anak berkunjung ke rumah kakeknya, bermain dan menemani beliau di sana bersama papinya (karena saya tetap di rumah untuk recovery). Dan kami memberi tugas kepada anak-anak untuk bisa melakukan sesuatu yang bisa mereka lakukan dan bermanfaat untuk membantu meringankan pekerjaan harian kakeknya. Dan yang dipilih adalah menyiram tanaman di samping rumah kakeknya setelah bermain.






Setelah selesai menyiram tanaman kami memberikan penjelasan mengapa kita harus berbuat baik pada orangtua (Birul Walidain). Hal itu harus dilakukan karena Rasulullah SAW mencintai umatnya yang mencintai kedua orang tuanya. Jika kita ingin menjadi umat terbaiknya maka kita harus berbaik kepada kedua orangtuanya kita yang telah membesarkan kita dengan penuh kasih sayang sejak kecil.


Tak hanya itu, kami menjelaskan dalam Al Qur'an surat Luqman : 14


وَوَصَّیۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ بِوَ ٰ⁠لِدَیۡهِ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ وَهۡنًا عَلَىٰ وَهۡنࣲ وَفِصَـٰلُهُۥ فِی عَامَیۡنِ أَنِ ٱشۡكُرۡ لِی وَلِوَ ٰ⁠لِدَیۡكَ إِلَیَّ ٱلۡمَصِیرُ



"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."


Dalam ayat tersebut Allah SWT berfirman bahwa berbakti kepada orangtua wajib dilakukan oleh seluruh hambaNya sebagai wujud syukur berkah dan Rahmat dari Allah SWT yang telah memberikan orangtua shalih dan shalihah kepada kita. 


Dari kegiatan hari ini anak-anak belajar berempati kepada orang-orang terdekatnya (kakek). Mereka belajar memahami kondisi kakeknya yang sudah tua dan memerlukan bantuan karena sudah sepuh. Dan mereka membantu dengan suka cita karena menyayangi kakeknya.


Demikianlah Henvind FamPro hari ini, Alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik. Anak-anak dapat melaksanakan dengan happy sekali, karena dilakukan bersama-sama seluruh anggota keluarga. Untuk FamPro hari ini saya beri 😍😍😍😍😍 (90%) sebagai wujud syukur. Karena hari ini telah menjadi langkah nyata bagi kami sekeluarga untuk bisa berfokus pada keseimbangan hidup dengan tidak hanya puas pada kemampuan IQ semata tapi juga memiliki keseimbangan kemampuan EQ dan SQ.


Waalaikumsalam warahmatullahi wa barakatuh.


#harike2

#tantangan15hari

#zona3cerdasemosidanspiritual

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

#familyproject

#sahabatterbaik



vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates