Thursday, October 15, 2020

 


Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Alhamdulillah kini memasuki hari lima belas zona kedua di kelas bunda sayang. Pada zona kedua ini saya diberi challenge untuk melatih kemandirian, dan yang saya pilih adalah melatih kemandirian pada anak-anak saya.  

Dihari ke lima belas ini, saya melaksanakan challenge kepada kedua putra saya yaitu Arshen yang berusia 4 tahun dan Aldhen yang berusia 2 tahun. Hari ini saya memberikan tugas kemandirian kepada Arshen dan Aldhen mengupas kulit telur ayam rebus.

Saya memberikan tugas bagian keduanya karena kebetulan hari Ini saya akan memasak sayur santan daun singkong dan telur rebus sebagai lauk yang dimasukkan ke dalam sayur santan daun singkong. Sehingga Arshen dan Aldhen saya beri tugas untuk mengupas kulit telurnya agar mereka terbiasa untuk berusaha dan bekerja keras ketika ingin mendapatkan sesuatu dengan baik. Tak hanya itu, mengupas telur juga akan menjadi wawasan baru bagi mereka bahwa ternyata mereka mampu melaksanakan suatu hal yang belum pernah dilakukan. Walau terlihat tricky dan menyulitkan namun karena dikerjakan dengan hati-hati dan penuh tanggung jawab maka pekerjaan tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

Mengupas kulit telur juga bermanfaat untuk melatih sensory serta kesabaran Arshen dan Aldhen, karena harus mengupas kulit telur dengan hati-hati agar telur rebus tidak rusak ketika dikupas. Mengupas telur juga menjadi menjadi media bagi Arshen dan Aldhen untuk tolong menolong dan saling gotong royong agar pekerjaan rumah cepat selesai. Serta memberi pengertian kepada keduanya bahwa bekerjasama dalam melakukan pekerjaan sangatlah menguntungkan sekaligus menyenangkan.




Alhamdulillah, hari ke lima belas pada zona kedua kelas bunda sayang untuk melatih kemandirian anak bisa dilalui dengan baik. Saya merasa bahagia bisa mendampingi arshen dan Aldhen hari ini agar ia melaksanakan tugas kemandirian tanpa merasa terpaksa.

Demikian report hari ke limabelas di zona kedua kelas bunda sayang. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.


#harike15

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates