Thursday, September 24, 2020

 "Seperti kuningnya mentari yang menyapa pagi. Birunya siang yang menjaga hariku. Cerahnya jingga di penghujung sore, serta gelapnya malam yang menentramkanku. Tiada hari indah tanpa disapa warna."



Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. 


Alhamdulillah telah mampu menyelesaikan tugas pertama perkuliahan Bunda sayang dengan tema komunikasi produktif. Saya mengaplikasikan aspek-aspek komunikasi produktif selama sebelas hari, yang mana tujuh hari pertama komunikasi produktif saya tujukan kepada putra sulung saya Alfa dan empat hari berikutnya kepada kedua anak saya lainnya yaitu Arshen dan Aldhen.

Selama menjalani proses berkomunikasi secara produktif kepada anak-anak, saya rasakan emosi yang naik turun seperti roller coaster. Kadang merasa sudah sekali untuk bisa konsisten dan terkadang tanpa diduga komunikasi dapat dilakukan dengan lancar tanpa hambatan.

Saya menyadari bahwa sebelas hari bukanlah waktu yang ideal untuk bisa menjalani keseharian dengan berkomunikasi produktif secara maksimal dan konsisten. Tapi dalam waktu sebelas hari ini saya mendapatkan beberapa kesimpulan yang memudahkan saya dalam menjalani komunikasi produktif secara optimal.

Di sisi lain, sebelas hari menjalani komunikasi produktif dengan anak-anak membuat saya makin mengenal karakter mereka masing-masing dan cara untuk bisa berkomunikasi dengan lebih baik. Jika dengan putra sulung saya Alfa yang memang sejak kecil sangat terlihat sisi commander-nya, komunikasi produktif dilakukan secara fleksible dan tegas. Karena Alfa mudah sekali marah dan tantrum. Namun ketika diberi pengertian, lama-kelamaan Alfa bisa mengerti dan konsisten melaksanakan hal-hal yang menjadi kesepakatan.

Lain halnya dengan kedua adik Alfa lainnya yaitu Arshen dan Aldhen yang berusia 4 dan 2 tahun. Kepada mereka, komunikasi produktif justru bisa dilakukan dengan baik tanpa banyak drama. Sehingga saya tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan ritme yang cocok untuk target pencapaian yang saya inginkan dari Arshen dan Aldhen.

Alhamdulillah, banyak hal positif yang saya dapat selama sebelas hari menjalani komunikasi produktif bersama ketiga buah hati. Namun, bukan berarti saya sudah cukup puas akan hasil yang saya dapatkan. Karena anak-anak adalah makhluk yang dinamis, dan senantiasa berkembang sesuai dengan kebutuhannya. Maka sudah sejatinya saya pun harus lebih fleksible dalam membersamai anak-anak serta lebih bijaksana dalam bersikap kepada mereka walau keseharian kami penuh dengan petualangan seperti rollercoaster.

Demikian warna warni hari-hari saya menjalani komunikasi produktif bersama ketiga putra saya. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh



vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates