Thursday, September 10, 2020

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Alhamdulillah hari ini memasuki hari kedelapan di kelas bunda sayang batch#6. Di hari kedelapan ini saya masih memutuskan untuk mencoba melakukan komunikasi produktif bersama putra kedua dan ketiga saya bernama Arshen dan Aldhen. Setelah kemarin putra sulung saya Alfa sudah mulai konsisten diajak kerjasama untuk selalu melaksanakan tugas harian dan berbahagia tanpa tantrum hingga malam hari. Walau terkadang Alfa masih kembali pada kebiasaanya semula yaitu memaksakan kehendaknya. Namun ketika saya konsisten menerapkan aspek-aspek komunikasi yang telah dilakukan pada hari-hari kemarin, tidak ada masalah yang berarti dan komunikasi tetap bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu hari ini saya mulai menerapkan aspek-aspek komunikasi produktif yang serupa kepada anak-anak saya lainnya.


Hari ini saya mempunyai target untuk mampu berkomunikasi secara efektif pada:

1. Arshen agar ia tidak menangis saat mandi pagi, tidak menahan buang air kecil serta tidak menggangu Aldhen saat bermain karena ketika Aldhen merasa kesal ia akan memukul kepalanya sendiri.

2. Sedangkan untuk Aldhen saya akan memberi pengertian agar Aldhen tidak memukul kepalanya sendiri ketika sedang kesal.


Aspek-aspek komunikasi yang saya terapkan masih sama pada Alfa hari ini, yaitu:

  1. Bahasa tubuh (perbanyak pelukan dan belaian)

  2. Intonasi, lembut di awal lalu dinaikkan sedikit untuk memberi ketegasan.

  3. Bahasa cinta (sounding sebelum tidur malam dan pagi hari)

  4. KISS

  5. memberi nasehat sebelum tidur



TANTANGAN:


Arshen dan Aldhen adalah putra saya yang paling sering menghabiskan waktu bersama, karena putra sulung saya Alfa sudah bersekolah. Sering nya menghabiskan waktu bersama, tak jarang pula mereka berdua sering cekcok ketika bermain bersama. Sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi saya ketika menerapkan komunikasi produktif kepada Aldhen, karena biasanya ketika mereka berdua sedang cekcok Aldhen akan memukul kepalanya sendiri karena kesal. Dan hal itu terjadi berulang-ulang.



POINT:


  1. Arshen masih sering menggoda adiknya, dan ketika merasa kesal Aldhen akan memukul kepalanya sendiri.

  2. Saya tetap menerapkan aspek-aspek komunikasi dan memberi jeda pada diri ketika Arshen dan Aldhen mulai tantrum dan bertengkar.


RENCANA UNTUK ESOK:


  1. Tetap sounding Arshen agar esok tidak menangis saat mandi pagi, tidak menahan buang air kecil dan tidak menggangu adiknya bermain.

  2. Menggunakan lebih banyak pelukan dan usapan dikepala Arshen dan Aldhen ketika memberikan pengertian dengan bahasa cinta.

  3. Mempersiapkan segala kebutuhan agar maksimal membersamai anak-anak.

  4. Selalu mengucapkan terimakasih pada Arshen dan Aldhen atas semua kebaikan yang mereka lakukan.



INDIKATOR KEBERHASILAN:


Hari ini adalah hari pertama saya mulai menerapkan komunikasi efektif pada Arshen dan Aldhen. Karena hari ini adalah permulaan tentunya masih sangat banyak hal-hal yang perlu diperbaiki. Oleh karena itu saya memberi nilai bagi diri sendiri sebanyak tiga bintang (🌟🌟🌟) atas progress hari ini. Semoga bisa menjadi jauh lebih baik dan konsisten untuk hari-hari kedepannya. Aamiin


Demikian report yang saya hasilkan dalam menjalani komunikasi produktif hari kedelapan.


Waalaikumsalam warahmatullahi wa barakatuh

vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates