Wednesday, September 9, 2020

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Alhamdulillah hari ini memasuki hari ketujuh di kelas bunda sayang batch#6. Di hari ketujuh ini saya masih memprioritaskan komunikasi produktif bersama putra sulung saya Alfa yang berusia 8 tahun. Setelah kemarin Alfa sudah mulai konsisten diajak kerjasama untuk selalu melaksanakan tugas harian dan berbahagia tanpa tantrum hingga malam hari, tidak begitu dengan hari ini. Alfa mulai kembali pada kebiasaanya semula yaitu memaksakan kehendaknya. Namun saya mencoba untuk tetap konsisten pada aspek-aspek komunikasi yang telah dilakukan pada hari-hari kemarin. Dan Alhamdulillah saya bisa memberi jeda pada diri sendiri ketika Alfa meminta perhatian lebih berbarengan dengan banyaknya pekerjaan rumah tangga dan membersamai kedua anak saya yang lainnya, sehingga ketika Alfa menunjukkan eksistensinya saya tetap bisa kontrol diri dan emosi tanpa ikut terpancing.


Hari ini Alfa menunda semua tugas hariannya, saya memberi waktu untuk rehat hari ini mungkin karena SFH membuat Alfa bosan dan tidak mood belajar. Tapi pada malam hari sebelum tidur saya memberikan sounding pada Alfa agar esok hari ia segera melaksanakan tugasnya karena Minggu depan sudah mulai PTS. Saya pun berusaha untuk memenuhi kebutuhan anak-anak sejak pagi agar memiliki waktu istirahat untuk memulihkan kondisi.


Aspek-aspek komunikasi yang saya terapkan masih sama pada Alfa hari ini, yaitu:

  1. Bahasa tubuh (perbanyak pelukan dan belaian)

  2. Intonasi, lembut di awal lalu dinaikkan sedikit untuk memberi ketegasan.

  3. Bahasa cinta (sounding sebelum tidur malam dan pagi hari)

  4. KISS

  5. memberi nasehat sebelum tidur



TANTANGAN:


Alfa merasa bosan SFH dan dengan tugas-tugasnya, sehingga enggan menyelesaikan dengan segera. Dan ketika sore hari tiba Alfa mulai menunjukkan eksistensinya dengan memaksakan kehendak, mengucapkan perkataan dengan nada tinggi dan marah.


POINT:


  1. Hari ini Alfa terlihat bosan dengan SFH dan tugas-tugasnya sehingga pada sore hari kembali menunjukkan eksistensi dan memaksakan kehendak.

  2. Saya tetap menerapkan aspek-aspek komunikasi dan memberi jeda pada diri ketika Alfa mulai marah sehingga komunikasi tetap produktif tanpa ada hambatan yang berarti.


RENCANA UNTUK ESOK:


  1. Tetap sounding Alfa agar esok tidak melanggar perjanjian yang sudah disepakati dan tetap melaksanakan kewajibannya tepat waktu (sholat, belajar, dll)

  2. Menggunakan lebih banyak pelukan dan usapan dikepala Alfa ketika memberikan pengertian dengan bahasa cinta.

  3. Mempersiapkan segala kebutuhan agar maksimal membersamai anak-anak.

  4. Selalu mengucapkan terimakasih pada Alfa dan anak-anak atas semua kebaikan yang mereka lakukan.



INDIKATOR KEBERHASILAN:


Hari ini saya merasa sangat bahagia karena walaupun Alfa moody dan menunjukkan eksistensinya tetapi saya bisa menghadapi dengan baik tanpa kesulitan yang berarti. Oleh karena itu saya memberi nilai bagi diri sendiri sebanyak empat bintang (🌟🌟🌟🌟) atas progress hari ini. Semoga selalu bisa konsisten untuk hari-hari kedepannya. Aamiin



Demikian report yang saya hasilkan dalam menjalani komunikasi produktif hari ketujuh.


Waalaikumsalam warahmatullahi wa barakatuh

vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates