Tuesday, September 8, 2020

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Alhamdulillah hari ini memasuki hari keenam di kelas bunda sayang batch#6. Di hari keenam ini saya masih memprioritaskan komunikasi produktif bersama putra sulung saya Alfa yang berusia 8 tahun. Setelah kemarin Alfa mudah diajak kerjasama hingga malam hari, begitupun dengan hari ini. Alfa dapat melaksanakan semua kewajiban dan kesepakatan tanpa banyak alasan yang berarti.


Walau Alfa masih menunda tugas sesekali dan harus diingatkan dengan intonasi dan gesture yang lebih tegas, tetapi Alfa tidak memaksakan kehendak. Alhamdulillah sounding yang saya berikan pada malam hari agar ia tidak mudah marah dapat diterima dengan baik oleh Alfa. Saya pun berupaya agar kebutuhan anak-anak siap sejak pagi hari sehingga saya memiliki waktu luang untuk merehatkan sejenak fisik. Karena saya mendapati kesulitan meregulasi emosi diri ketika kondisi kelelahan.


Aspek-aspek komunikasi yang sama pada Alfa hari ini, yaitu:

  1. Bahasa tubuh (perbanyak pelukan dan belaian)

  2. Intonasi, lembut di awal lalu dinaikkan sedikit untuk memberi ketegasan.

  3. Bahasa cinta (sounding sebelum tidur malam dan pagi hari)

  4. KISS

  5. memberi nasehat sebelum tidur



TANTANGAN:


Hari ini Alfa sudah bisa kooperatif dan komunikasi diantara kami jauh lebih produktif dari hari ke hari. Tidak banyak tantangan yang berarti hanya saja saya harus ekstra siaga ketika membersamai ketiga putra secara bersamaan karena sering kali menjadi kesulitan kontrol dalam regulasi emosi saya.


POINT:


  1. Alfa sudah mulai konsisten dalam melakukan tugas harian tanpa drama yang berarti

  2. Walau Sesekali Alfa menunda tugasnya dan harus diingatkan dengan gesture dan intonasi yang lebih tegas, tetapi komunikasi tetap berjalan dengan baik.

  3. Alfa tidak tantrum sama sekali.



RENCANA UNTUK ESOK:


  1. Tetap sounding Alfa agar esok tidak melanggar perjanjian yang sudah disepakati dan tetap melaksanakan kewajibannya tepat waktu (sholat, belajar, dll)

  2. Menggunakan lebih banyak pelukan dan usapan dikepala Alfa ketika memberikan pengertian dengan bahasa cinta.

  3. Mempersiapkan segala kebutuhan agar maksimal membersamai anak-anak.

  4. Selalu mengucapkan terimakasih pada Alfa dan anak-anak atas semua kebaikan yang mereka lakukan.



INDIKATOR KEBERHASILAN:


Hari ini saya merasa sangat bahagia karena tidak ada tantangan yang berarti saya dan Alfa. Tak hanya itu, saya jauh lebih konsisten dan bisa membaca situasi dalam menggunakan aspek komunikasi produktif di waktu-waktu tertentu dengan Alfa. Walau masih ada intonasi dan gesture tegas untuk berkomunikasi tetapi saya dan Alfa dapat saling memahami tanpa kendala yang berarti. Oleh karena itu saya memberi nilai bagi diri sendiri sebanyak empat bintang (🌟🌟🌟🌟) atas progress hari ini. Semoga selalu bisa konsisten untuk hari-hari kedepannya. Aamiin



Demikian report yang saya hasilkan dalam menjalani komunikasi produktif hari keenam.


Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh


vindy April . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates